Cara Menjadi Pengendara Sepeda Gunung yang Handal

Bersepeda gunung sangat cocok dilakukan di Indonesia, karena kondisi alam kita yang sangat potensial dan punya banyak trek yang menantang. Memang, bagi para pemula hobi bersepeda gunung mungkin terlihat berbahaya, karena alih-alih mengendarai sepeda di jalan yang mulus, yang akan kita hadapi saat bersepeda gunung adalah jalan setapak berkerikil, tanjakan dan turunan, atau bahkan menyeberang sungai.

Awalnya mungkin terdengar menakutkan, akan tetapi kalau kita tahu bagaimana caranya menjadi pengendara sepeda gunung yang baik, pasti kegiatan ini akan menjadi sangat seru, menegangkan, dan menyenangkan.

Agar kegiatan bersepeda gunung Anda semakin menyenangkan, Anda harus tahu tips dan trik untuk menjadi pengendara sepeda gunung yang baik.

Sebelum mulai bersepeda gunung, simak dulu 5 cara menjadi pengendara sepeda gunung yang baik berikut ini.

1. Pilihlah Sepeda Gunung yang Tepat dan Siapkan Perlengkapan Lainnya

Hal pertama yang akan membuat Anda menjadi pengendara sepeda gunung yang baik adalah memilih sepeda yang tepat.

Pastikan sepeda yang akan Anda gunakan adalah jenis sepeda gunung. Merk dan jenis yang dapat Anda temui di toko pasti akan bermacam-macam.

Tanyakan kepada penjaga toko kira-kira sepeda yang mana yang tepat untuk Anda. Tentu saja dengan memperhatikan postur tubuh dan tinggi badan.

Cobalah mencoba menaiki sepeda gunung yang Anda pilih. Pastikan sepeda gunung pilihan Anda terasa pas dan cocok. Dan jangan lupa sesuaikan dengan budget Anda. Karena harga sepeda gunung cukup variatif. Pastikan sepeda gunung yang pilih memiliki harga yang dapat Anda jangkau.

Anda juga sebaiknya menyiapkan perlengkapan yang sesuai dengan medan yang akan Anda lalui. Gunakan helm sepeda, sarung tangan, sepatu olahraga, serta pelindung tulang kering. Jangan lupa bawalah selalu bawa botol air minum dan tas berisi peralatan P3K untuk jaga-jaga.

2. Tetap Fokus dan Rileks

Anda akan menghadapi trek yang cukup menantang saat bersepeda gunung. Jadi, menjaga pikiran agar tetap fokus pada trek di depan Anda sangatlah penting.

Turunkan dagu, dan fokuskan pandangan Anda pada kontur trek 1 sampai 2 meter di depan Anda. Dengan begitu Anda akan lebih siap menghadapi trek yang sulit sekalipun.

Selain itu, penting untuk menjaga tubuh tetap rileks. Tubuh yang tegang akan membuat goncangan pada trek yang menantang lebih terasa, dan dapat mengurangi keseimbangan Anda.

Dengan tetap fokus, Anda akan lebih aware sebelum menghadapi trek yang sulit, dan ingatkan tubuh Anda untuk tetap rileks agar lebih mudah melewati trek tersebut.

3. Mengatur Posisi Tubuh saat Bersepeda Gunung

Posisi tangan yang tepat saat bersepeda gunung adalah seperti posisi pada saat melakukan push up: tangan ditekuk dan siku menghadap keluar. Aturlah tangan dengan posisi ini baik pada saat tanjakan atau turunan.

Mengatur posisi tubuh Anda saat tanjakan atau turunan juga penting. Saat menanjak condongkan badan ke depan agar pusat gravitasi ada pada ban belakang. Sebaliknya, saat menghadapi turunan condongkan badan ke belakang.

4. Atur Kapan harus Menarik Rem

Saat menghadapi medan yang sulit, rasanya kita tergoda untuk menarik rem sepanjang waktu. Lawanlah godaan ini, dan gunakan rem pada waktunya. Atur kecepatan Anda, dan tariklah rem sebelum menghadapi medan yang sulit.

Evaluasi rintangan yang akan dilalui, dan lepaskan rem saat melewati rintangan tersebut. Tarik rem kembali setelah Anda berhasil melewati rintangan tersebut.

5. Pilih Gear yang Tepat Sesuai dengan Trek yang Dilalui

Maksimalkan fungsi gear pada sepeda saat Anda bersepeda gunung. Fokuskan pada trek di depan Anda dan oper gear sebelum Anda melewati trek tersebut.

Turunkan gear saat Anda menghadapi trek yang akan membuat gerak roda semakin berat, misalnya trek yang berlumpur atau berair. Naikkan gear saat Anda dapat melaju dengan cepat.

Trek yang dilalui saat bersepeda gunung memang biasanya berat atau menantang. Selain 5 hal di atas, hal yang perlu Anda lakukan adalah selalu berpikir positif. Yakinlah dan percaya diri Anda dapat melalui trek dengan sukses.

Sumber: www.warnabiru.com  –  Artikel: 5 Cara Menjadi Pengendara Sepeda Gunung yang Baik

Komentar