Pesona dan Keindahan Pink Beach, Pantai Merah Mudah di Lombok

foto: piknikasik.com

Jejakbiru.com – Lombok selalu jadi destinasi impian setiap traveler. Tempatnya yang memang dekat dengan bali, membuat pulau ini seakan menjadi surga terdekat dari Bali untuk para wisatawan. Aku pribadi salah satu pengagum berat pulau ini.

Di bayanganku itu, Lombok itu masih asri dan pantainya jernih banget, beda seperti pantai di kota besar di Jawa kebanyakan, karena sudah tercemar.

Salah satu tempat yang ingin aku kunjungi disana adalah Pink beach, pantai yang satu ini unik banget lho..

Aku bersyukur Indonesia masih menyimpan keindahan dan kelestarian alam ini dengan sempurna.

Warna Pink nya seakan menyebar di sepanjang garis pantai, membuat kedua mata yang melihatnya menjadi segar kembali.

Termasuk 11 pantai paling pink di dunia

Sekedar info saja, Pink Beach ini adalah salah satu dari 11 pantai yang berwarna Pink di dunia.

Bahkan karena keunikannya “tersendiri” mampu menjadi ladang popularitas yang mengangkat wisata Lombok.

Foto: wisatadilombok.com

Populernya sih dipanggil Pink Beach, padahal usut punya usut, nama aslinya adalah pantai Tangsi.

Berhubung sudah kental dengan warna pantainya yang berwarna Pink, sehingga akrab dipanggil Pink Beach.

Bekas markas Jepang dimasa Penjajahan

Oh iya, nama pantai Tangsi ini berarti barak atau asrama. Karena konon, dulu waktu zaman penjajahan Jepang, pantai indah nan unik ini dijadikan tempat untuk markas Jepang, dan menjadi titik terluar untuk memantau serangan dari sekutu.

Pantai yang selalu dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara ini beralamat di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sobat tau, nggak nih ? Dari mana warna Pink nya berasal ? Setelah dicari nih informasinya, warna Pink yang mendominasi pantai Tangsi atau Pink.

Beach ini berasal dari campuran pasir yang berwarna putih dengan pecahan karang, koral, serta kalsium karbonat dari biota laut yang berwarna merah.

Jadi campuran keduanya itu (pasir yang berwarna putih dan pecahan biota laut yang berwarna merah) membuat pantai ini terlihat berwarna Pink dari jauh maupun dari dekat.

foto: piknikasik.com

Uniknya lagi kadar ke – “Pink” an pantai ini berbeda loh ditinjau dari waktunya.

Penjelasan ilmiah

Dilansir dari jekakpiknik.com warna Pink tersebut akan berubah setiap jam.

Misalnya di pagi hari tingkat kejelasan warna Pink nya mencapai 20 – 30 persen, sedangkan di siang hari mencapai 50 persen, dan di sore hari hingga 90 persen. Jadi, semakin sore warna Pink nya semakin jelas.

Hal ini terjadi karena aktifitas matahari yang memantulkan cahayanya kepada pecahan biota laut tersebut berbeda – beda sesuai intensitas cahayanya.

Jadi, Pink Beach ini dapat memberikan nuansa baru buat temen-temen yang suka traveling, karena selain open 24 jam, juga tidak ada htm nya loh..

Tapi sebelum itu aku harus persiapan dulu nih, buat amunisi selama disana.

sumber : Travel.tempo.co

Ingin pergi ke sana? Jangan lupa selalu memiliki prinsip untuk tidak mengotori lingkungan wisata, dan usahakanlah sharing-sharing atau curhat boleh dong, ke Instagramku @si.rori akun resmi Faisol Abrori.

***

Bagaimana teman ? Akhirnya telah selesai artikel diatas, dimana aku sharing-sharing sedikit, mengenai pantai Tangsi atau yang biasa kita kenal dengan “Pink Beach”.

Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua, terlebih para Traveler yang ingin mengunjungi tempat ini.

FB Komentar