Tips Memilih Ruko Untuk Usaha Warung Makan

Jejakbiru.com – Langkah pertama yang harus ditempuh oleh para pengusaha untuk memajukan bisnisnya adalah dengan memiliki ruko. Apalagi jika kalian adalah pebisnis dibidang kuliner, tanpa ruko maka sulit bagi khalayak menemukan dan mengunjungi keberadaan bisnis kalian. Bagi yang belum memiliki lapak dan hendak mencari ruko, baiknya ketahui beberapa tips memilih ruko untuk usaha warung makan kalian.

Menjalankan bisnis kuliner memang pilihan tepat pasalnya sekarang ini mayoritas orang lebih suka makan di luar daripada harus memasak sendiri. Apalagi bagi pekerja kantoran yang harus berangkat pagi dan pulang sore serta belum lagui mengurus pekerjaan rumah lainnya. Tentu saja, keberadaan penjual makanan akan membantu meringankan beban mereka.

Apabila kalian memiliki warung makan yang sudah cukup terkenal, pastinya membutuhkan lapak agar bisa menampung lebih banyak pelangggan, bukan? Oleh karena itu ruko adalah salah satu solusinya. Namun, ada baiknya perhatikan beberapa tips memilih ruko yang tepat untuk usaha warung makan:

1. Pastikan Ruko Berlokasi Strategis

Usaha warung makan akan berjalan lancar jika pemilihan lapaknya tepat. Mengapa demikian? Pasalnya orang bisa lebih mudah menjangkau. Usahakan memilih ruko yang berlokasi strategis seperti misalnya berada di dekat pusat perbelanjaan atau area wisata. Sehingga orang yang lelah berjalan-jalan bisa mampir langsung ke warung makan kalian tanpa harus membuang waktu.

Memang harga ruko yang lokasinya strategis cenderung mahal, akan tetapi penghasilannya bisa berkali-kali lipat jika pengunjungnya banyak. Oleh karena itu, jangan segan menerapkan tips ini ketika hendak memilih ruko untuk membuka usaha warung makan.

2. Pahami Spesifikasi Legalitas Ruko yang Hendak Ditempati

Selain memastikan ruko berada di lokasi strategis, tips memilih ruko untuk usaha warung makan yang tidak kalah penting adalah legalitasnya. Hal ini meliputi surat izin milik, jangan sampai ruko yang kalian tempati nantinya merupakan bangunan sengketa atau tidak jelas asal-usulnya. Jika sampai hal itu terjadi, maka akibatnya usaha kalian bisa ikut terkena masalah.

3. Sesuaikan Budget Lebih Dahulu

Sebelum memilih ruko yang dikehendaki, ada baiknya kalian menyesuaikan keberadaan budget yang tersedia. Misalnya begini, jika ternyata budget yang kalian miliki hanya cukup untuk menyewa saja, maka jangan memaksakan diri untuk membeli. Serta, pertimbangkan dengan pendapatan dari warung makan kalian. Jika tidak sepadan dengan biaya sewa, maka sebaiknya cari ruko lain saja.

4. Perhatikan Desain Ruko yang Hendak Dijadikan Tempat Usaha

Tips memilih ruko untuk usaha warung makan berikutnya adalah kalian harus memperhatikan desain dalam ruko. Apakah tips ini harus dilakukan? Tentu saja, apabila kalian ingin usaha warung makan ramai, maka usahakan desain ruangannya kekinian dan tidak monoton. Sehingga pengunjung bisa bersantai dengan nyaman sembari melahap makanan.

5. Pertimbangkan Fasilitas yang Ditawarkan Oleh Developer

Agar usaha warung makan yang kalian jalankan berjalan dengan lancar, sebaiknya pertimbangkan fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Jika pihak developer memberikan fasilitas memadai dan harga yang relatif murah, kalian juga harus mempertimbangkannya. Sebab hal semacam ini bisa membuat kalian mendapatkan keuntungan lebih banyak.

***

Itulah kelima tips memilih ruko untuk usaha warung makan yang bisa kalian terapkan. Jangan segan mencari informasi lebih lanjut perihal ruko-ruko lainnya untuk perbandingan harga. Apabila merasa bimbang dan ragu, mintalah pendapat atau berkonsultasilah kepada orang yang lebih paham mengenai hal ini. Semoga sukses dan selamat berbisnis!

FB Komentar