Cara Menanan Bunga Mawar di Pekarangan Rumah

Jejakbiru.com – Bunga Mawar adalah salah satu jenis bunga yang banyak di tanam di kebun atau pekarangan rumah. Selain memiliki warna yang indah, cara menanam bunga mawar diperkarangan juga tergolong sangat mudah dan tidak menyita waktu. Kamu bisa merawat tanaman ini di selah – selah waktu untuk hiburan.

Nah, jika kamu tertaik untuk mencoba budidaya bunga mawar dipekarangan, kamu bisa mengikuti cara ini.

Cara Menanam Bunga Mawar di Perkarangan

cara menanam bunga mawar dipekarangan
Tanaman bunga mawar terlihat indah untuk menghiasi pekarangan.

Ada 3 metode yang bisa kamu gunakan, yaitu tanam dari benih, stek dan cangkok.

1. Menanam bunga mawar dari benih

Teknik budidaya mawar dari benih membutuhkan pohon mawar yang sudah berbunga. Untuk tips budidaya dari benih kalian bisa mengikuti panduan sederhana dari trikmerawat.com berikut ini.

  • Siapkan pohon mawar yang cukup umur dan telah berbunga dan berbuah.
  • Ambil buah atau bibit bunga mawar yang sudah matang.
  • Pisah biji mawar dari buahnya kemudian cuci dan taruh di tempat yang lembap, biji akan mulai berkecambah dalam waktu empat minggu.
  • Pembibitan mawar secara umum terbagi menjadi tiga proses yaitu penyemaian biji, pemindahan ke polybag dan pemindahan ke lahan/kebun atau pekarangan.
  • Jika kamu tidak punya polybag bisa diganti dengan barang bekas yang di rumah semisal gelas aqua, tong bekas dan lain-lain. Jangan lupa untuk memberi lubang air di bagian bawah ya.

2. Stek Batang Pohon Mawar

Sebelum melakukan stek batang kalian perlu menyiapkan pisau, anti jamur, pot dan media tanam. Berikut langkah langkahnya.

  • Potong salah satu tangkai dari pohon mawar yang sudah mengayu. Lalu hilangkan semua daun dan bunganya.
  • Celupkan bagian yang telah dipotong kedalam anti jamur untuk mencegah pembusukan karena serangan bakteri dan jamur.
  • Tancapkan potongan dahan tersebut kedalam pot yang telah di isi media tanam. Media tanam bisa berupa sekam bakar yang dicampur popok kandang dan tanah liat dengan perbandingan 60:20:20.
  • Umumnya akar dan daun akan mulai tumbuh dalam 4 minggu kemudian.

3. Metode Cangkok 

Metode cangkok bisa kamu terapkan pada sebagian besar tanaman yang berkayu dan memiliki tingkat kambium yang baik. Untuk mencangkok tanaman mawar kamu bisa ikuti cara ini:

  1. Pilih Cabang atau Batang Mawar yang Sudah Mengayu, sehat dan berwarna kecoklatan dengan diameter sekitar 2 cm keatas.
  2. Kuliti batang pohon mawar yang dipilih dengan sayatan melingkar dan berukuran panjang sekitar 10 cm. lalu biarkan beberapa saat hingga mengering.
  3. Selanjutnya, siapkan campuran air dan tanah untuk bahan cangkokan. Kamu bisa memilih tanah dengan komposisi humus yang baik agar hasilnya bagus. Jika memungkinkan, sangat direkomendasikan menggunakan mos atau sabut kelapa sebagai alternatifnya.
  4. Selanjutnya tempelkan campuran tanah basah tadi pada dahan yang telah disayat. Setelah itu, bungkus gundukan tanah tersebut dengan plastik dan ikat dengan tali.
  5. Sirami cangkokan secara rutin hingga mengeluarkan akar yang cukup kuat. Biasanya dahan yang telah dicangkok akan mengeluarkan akar dalam waktu sekitar 1 – 3 bulan.
  6. Jika akar sudah keluar. Potong dahan tersebut dan tanam di dalam pot dan tempatkan di lokasi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung selama 2 minggu. Setelah kamu yakin pohon mawar telah sehat, kamu bisa bisa memindahkannya ke pekarangan rumah.

Demikian cara merawat tanaman bunga mawar di perkarangan. Bagaimana menurut kalian? Mana metode paling kalian sukai dari 3 cara tadi? Bagikan pendapatmu dikomentar.

Komentar