Kenapa Harus Menggunakan Pinjaman Online yang Diawasi OJK? Ini Jawabannya

Jejakbiru.com – Kini, dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap menemukan berbagai problem dalam urusan finansial. Nah, tentunya kita bisa mencari jalan keluar dengan mudah, yakni dengan melakukan pinjaman online.

Eits, apakah semua pinjaman online itu aman? Tidak, hanya pinjaman yang berkriteria aman saja yang bisa kalian pilih.

Salah satu kriteria pinjaman online aman adalah perusahaan atau produk finansial tersebut diawasi OJK.

OJK adalah singkatan dari (Otoritas Jasa Keuangan) sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan pinjam meminjam, investasi, maupun kegiatan finansial lainnya, yakni sebagai monitor untuk mengatur industri fintech yang telah terdaftar, serta memberikan perlindungan kepada nasabah dalam menggunakan layanan fintech.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pinjaman online yang diawasi OJK itu legal dan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Jadi, memang harus waspada pinjaman online ilegal karena dampaknya yang cukup besar, berbahaya dan beresiko tinggi, membuat kita harus selalu waspada dan memilih yang terbaik.

Selanjutnya, apakah memilih pinjaman online yang diawasi OJK saja sudah cukup untuk meminjam uang secara online dengan baik? Ada beberapa aspek penting lainnya, yang juga akan saya bahas dalam artikel ini.

Untuk pinjaman online sendiri, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan masing-masing perusahaan fintech online. Oleh karena itu, kita harus cerdas dan cermat dalam memilih pinjaman online yang mana, yakni yang sudah bersertifikasi ISO27001.

Sertifikasi ini sendiri merupakan standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi.

Syarat ini merupakan ketentuan dari OJK untuk mengatur tentang layanan pinjam meminjam.

Dimana manfaat diberlakukannya sertifikasi ISO27001 sendiri adalah untuk memberikan regulasi yang jelas kepada fintech yang terdaftar di OJK, serta memastikan perusahaan pinjaman online tersebut mengikuti tata kelola sesuai standar internasional. Sehingga, tidak terjadi pencurian data, penyalahgunaan data, hacking, dan lain sebagainya.

Tentu ini sangat penting mengingat banyak pinjol ilegal yang ternyata membocorkan data pribadi nasabah.

Nah, tips selanjutnya untuk menjadi generasi milenial yang melek finansial adalah perhatikan kapasitas pinjaman dan pastikan untuk menggunakan salah satu pinjaman online saja yang rendah resiko. Sekarang semakin banyak aplikasi pinjam online yang mudah banget pencairannya.

Namun sebaiknya kita lebih memilih untuk fokus menggunakan 1 fintech saja, karena setiap fintech punya kebijakan yang berbeda, sehingga, jika kita lupa atau bahkan kebingungan karena ketidak-konsistenan kita, maka bisa saja mendapatkan denda yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, persepsi harus kita perbaiki dari sekarang untuk menjadi milenial yang lebih paham akan pentingnya keamanan finansial.

Mulai dari sini Masyarakat diharap untuk lebih teliti sebelum menggunakan platform pinjaman secara online.

Oke, cukup sekian artikel kali ini, semoga kalian bisa memahami apa yang saya tulis, dan semoga memberi wawasan dan pemahaman baru.

FB Komentar