Pemasaran Ketumbar Masih Bagus di Pasar Lokal Hingga Manca Negara

Jejakbiru.com, Prospek Pemasaran Ketumbar – ketumbar adalah salah satu bumbu rempah rempah paling khas dan populer untuk beberapa jenis masakan. Banyak sekali jenis masakan khas Indonesia yang menggunakan ketumbar mulai dari sate, daging goreng, sup kuah bersantan, salad, lodeh sayuran, dendeng serta gorengan. Aromanya yang khas akan membuat masakan terasa lebih gurih dan sedap.

Tanaman yang memiliki nama latin Coriandrum sativum ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Dan sampai saat ini tanaman ini sudah menyebar dan dibudidayakan diberbagai tempat terutama daerah tropis seperti di Indonesia. Ketumbar memiliki daya adaptasi yang bagus, sehingga dapat ditanam didataran rendah hingga dipegunungan dengan ketinggian 2000 mdpl.

Aroma khas yang dimiliki ketumbar merupakan berasal dari minyak atsiri ketumbar yang terkandung di dalamnya, yang meliputi linalol, geraniol, champor serta geranil asetat. Aroma yang tajam dan menyengat ini akan menjadi wangi apabila digunakan sebagai salah satu pelengkap bumbu masakan.

Seputar Tanaman Ketumbar

Dilansir dari Dua Simpul media agrobisnis dan budidaya, Secara fisik biji ketumbar memang mirip dengan merica hanya pada ukurannya yang lebih kecil. Namun jika dilihat dari bentuk tanamannya sangatlah berbeda. Tanaman ketumbar hanya tumbuh dengan ketinggian 1 meteran dan berdiri tegak tidak seperti merica yang merambat pada tanaman lain. Daun tanamannya berwarna hijau cerah dengan tepi-tepi yang begerigi, hampir mirip dengan tanaman seledri.

Bunga seledri berbentuk seperti payung bersusun, dan memiliki warna pink & putih. Bunga inilah yang nantinya akan menghasilkan biji ketumbar. Dilihat dari bentuk bijinya ketumbar dibagi menjadi 3 yakni:

  • C. sativum var sativum: bentuk biji bulat besar, umumnya memiliki harga jual lebih mahal
  • C. sativum var micocarpum: bentuk buah berukuran bulat kecil, ini yang paling banyak di jual dipasaran
  • C. sativum var indicum: buahnya berbentuk lonjong / agak memanjang dan termasuk langka di pasaran

Prospek Pemasaran Ketumbar

Hampir semua jenis rempah – rempah mempunyai memiliki prospek yang sangat besar mencakup pasar lokal dan internasional, tidak terkecuali tanaman ini. Ketumbar digolongkan sebagai tanaman obat dan rempah rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan.

Beberapa daerah yang menggunakan ketumbar sebagai bumbu masak meliputi Asia Tenggara, Asia Selatan, Brasil, Tiongkok, Amerika Latin, Afrika, Asia Tengah, India, Timur Tengah, dan Skandinavia. Beberapa negara dan kawasan daerah tersebut membutuhkan banyak sekali ketumbar tiap bulannya, dan Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam hal ekspor ketumbar. Bahkan daun ketumbarnya pun ikut masuk pasar ekspor seperti di daerah Kediri yang sering ekspor ke Taiwan.

Sumber : Duasimpul.com artikel Peluang Bisnis Budidaya Ketumbar Terbuka Lebar pada rubik tanaman obat dan rempah.

Komentar